Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis STEAM

Al Fityan School Tangerang
SD

Nama Kegiatan : Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis STEAM
Waktu : 3 – 21 Februari 2025
Peserta : 103 Peserta Didik
Tempat : Lingkungan Sekolah dan Ruang Kelas

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah program yang dirancang Kemendikbudristek sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila.

Pelaksanaan P5 di SD Al Fityan ini adalah berbasis STEAM berdasarkan program yang sudah tersusun dalam kurikulum.

STEAM adalah singkatan dari 🔬, Technology, Engineering, Art and Mathematic. Pendekatan ini dinyatakan sebagai pendekatan pembelajaran abad-21 dalam upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia dengan kognitif, psikomotor dan afektif yang berkualitas yang mengarahkan peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis STEAM ini dilaksanakan oleh seluruh peserta didik kelas 1- 6 SD Al Fityan School Tangerang yang dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2025 sampai dengan tanggal 21 Februari 2025.

Kegiatan P5 kali ini bertema “Kearifan Lokal”, dimulai dari tahap; pengenalan materi yang diberikan terkait tradisi yang dilestarikan di daerah Banten seperti pencak silat, tarian khas, serta diperkenalkan dengan kuliner khas Banten. Tidak hanya memperkenalkan siswa pada kekayaan budaya dan kuliner lokal, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai Pancasila, keterampilan praktis, dan pentingnya menjaga serta melestarikan tradisi. Peserta didik diajak untuk menghargai warisan budaya mereka, berpartisipasi dalam pelestariannya, serta belajar bekerja sama dan berkolaborasi dalam lingkungan sosial yang lebih luas.

Tahap kontekstual, tahap ini berkaitan dengan Kegiatan Fieldtrip yang dilaksanakan di luar sekolah dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan membuat macam-macam makanan khas daerah Banten seperti es buah Khas Banten, Es Podeng, Cilok khas Banten serta pop corn yang mana bahan baku nya adalah dari jagung yang merupakan penghasilan utama masyarakat Baduy Banten. Setelah itu peserta didik dibekali dengan jiwa enterpreneur dengan menjual macam-macam kuliner khas Banten melalui kegiatan Market Day.

Kegiatan P5 ini diakhiri dengan gebyar karya P5 berbasis STEAM dengan hasil karya peserta didik yang dipamerkan. Tidak hanya penilaian produk saja, tetapi penilaian karakter peserta didik SD Al Fityan School Tangerang juga dimunculkan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *