WORKSHOP 2 (GERAKAN PANDAI BATCH 3 & KKN IF – EL AL FITYAN SCHOOL TANGERANG “Computational Thinking: Unplugged Activity”)

Al Fityan School Tangerang

Nama Kegiatan: WORKSHOP 2
Tema Kegiatan: GERAKAN PANDAI BATCH 3 & KKN IF – EL AL FITYAN SCHOOL TANGERANG “Computational Thinking: Unplugged Activity”
Tanggal : 19 Januari 2022
Waktu: 13.00 s.d selesai
Tempat: Aula Masjid Al Fityan School Tangerang

Gerakan PANDAI merupakan salah satu agenda Pengabdian Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia (UIA), yang bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman kepada Guru-guru dan siswa tentang soal-soal Bebras (Soal berbasis Computational Thinking). Computational Thinking yaitu cara berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah melalui menguraikan setiap masalah menjadi beberapa bagian atau tahapan yang efektif dan efisien agar dapat diselesaikan oleh manusia atau sistem atau keduanya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Al Fityan School Tangerang dengan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dalam upaya “Melakukan pembaharuan orientasi pembelajaran yang futuristic terkait dengan pemanfaatan untuk kemajuan masyarakat Society 5.0”.

Unplugged Activity yang dilakukan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari gerakan PANDAI. Pada kegiatan ini guru diberikan 3 simulasi/permainan computational thinking di kelas dengan menggunakan tools yang sederhana, menggunakan kertas dll dalam penyelesaian masalah. Para guru dibagi dalam beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari guru SD, SMP, dan SMA. Simulasi pertama, guru-guru diminta menyelesaikan masalah berupa cara membuat Sandwich. Simulasi kedua yaitu robotic. Pada simulasi ini, guru diberikan beberapa gambar terkait cara kerja robotic. Simulasi ketiga yaitu Caesar Chiper yaitu berupa Secret Code/kode rahasia yang berisi huruf-huruf alfabet.

Kesimpulan dari kegiatan Computational Thinking: Unplugged Activity yaitu kemampuan berpikir komputasi sangat diperlukan oleh siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Cara penyelesaian masalah berupa: Perumusan masalah, Rangkaian Solusi, dan Sistem. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebelum dirumuskan dalam suatu sistem komputasi, maka harus dibuat rumusan masalah dan rangkaian solusinya sehingga solusi tersebut efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *